Jumat, 29 Januari 2010

Mempercepat Proses Copy File Menggunakan TeraCopy


Mempercepat Proses Copy File Menggunakan Tera CopyMempercepat Proses Copy File Menggunakan Tera Copy: Pernahkan Anda berfikir bagaimana cara mempercepat proses pengcopyan file baik itu dari harddisk ke flashdisk, dari flashdisk ke harddisk, atau CD/DVD ke harddisk Anda? Mengcopy file yang berukuran kecil waktu mungkin bukan menjadi suatu masalah besar bagi Anda, karena ukuran file berbanding lurus dengan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengcopyan file tersebut. Jadi bagaimana dengan file yang berukuran besar?

Pada tips trik komputer kali ini, akan diberitahukan bagaimana cara mempercepat proses copy file menggunakan TeraCopy. Berikut caranya.

1. Silahkan Anda download software TeraCopy 2.12 yang berukuran lebih kurang 1,76 Mb dan freeware untuk download klik disini
2. Sebelum melakukan instalasi, untuk melihat perbedaannya Anda bisa mencoba melakukan pengcopyan file dari drive [D:] ke drive [C:] pada komputer Anda. Lakukanlah dengan file yang banyak dan byte keseluruhan berjumlah besar, contohnya 100 file MP3 dengan ukuran 438Mb. Jangan satu file tapi ukurannya besar, contohnya film yang berukuran 800Mb, karena itu tidak akan banyak mempengaruhi bahkan tidak mempengaruhi.
3. Pada saat proses pengcopyan coba hitung berapa waktu yang Anda butuhkan.
4. Setelah selesai silahkan instal software TeraCopy yang sudah Anda download tadi. Saya yakin dan percaya Anda sudah pasti bisa mengintalnya, karena prosesnya sangat mudah. Hanya tinggal klik [Next] untuk beberapa kali, dan selesai.
5. Setelah selesai melakukan proses instalasi software, sekarang saatnya mencoba.
6. Silahkan Anda melakukan proses pada langkah kedua diatas untuk melihat perbandingannya. Cara pengcopyannya tidak berbeda dengan sebelum software TeraCopy diinstal, tinggal blok semua file yang ingin dicpoy > tekan [Ctrl+C] > lalu tuju folder atau drive penerima > dan tekan [Crtl + V]. maka tampilan proses pengcpoyannya pun akan berbeda dengan sebelumnya.
7. Selama proses pengcopyan hitung kembali waktu yang dibutuhkan. Saya yakin dan percaya waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat meskipun tidak terlalu jauh.

Sebagai contoh, saya melakukan pengcopyan file MP3 sebanyak 422 file dengan ukuran totalnya 1,58Gb dari drive [D:] ke drive [C:] dengan RAM 1Gb. Sebelum menggunakan software TeraCopy saya membutuhkan waktu 112 detik, sementara pada saat saya mencoba melakukan proses yang sama dengan menggunakan TeraCopy, saya membutuhkan waktu 94 detik. Memang bukan perbedaan yang signifikan, tapi cobalah dengan file yang berpuluh giga, maka Anda akan merasakan manfaatnya.

Note:

TeraCopy tidak begitu berpengaruh bahkan tidak berpengaruh dengan pengcopyan satu file besar, misalnya saja file film yang berukuran 800Mb. Saya sudah mencobanya. Jika Ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda